Breaking News

5 Penyebab Tubuh Cepat Lelah dan Mengantuk

Sleepy young woman drinking coffee, feeling tired, suffering from insomnia and sleeping disorder. Sad female sitting in modern kitchen interior, empty space

Jakarta – Bukan tanpa sebab, ternyata ada beberapa penyebab tubuh cepat lelah dan mengantuk walaupun sudah istirahat selamaa beberapa jam. Tak bisa dianggap sepele, beberapa penyebab tubuh cepat lelah dan mengantuk berkemungkinan mengalami beberapa penyakit lainnya.

Kelelahan adalah sebuah rasa lelah yang dimana kamu merasa lemah secara fisik, emosi, serta mental yang ada di tubuh. Penyebab tubuh cepat lelah dan mengantuk bukanlah sebuah penyakit. Melainkan gejala yang berkemungkinan dengan penyakit lain.

Langsung saja kita bahas 5 penyebab tubuh cepat lelah dan mengantuk sebagai berikut.

1. Mengalami Gangguan Kecemasan

Gangguan kecemasan merupakan sebuah kondisi yang dimana seseorang tersebut mengalami rasa cemas secara terus-menerus tanpa sebab yang pasti. Rasa cemas yang dialami oleh penderita gangguan kecemasan biasanya sangat kuat, bahkan dapat mengganggu kegiatan sehari-hari.

2. Depresi

Pada saat merasa tertekan atau depresi biasanya seseorang cederung mudah lelah. Itulah sebabnya tubuh terasa lebih cepat mengantuk. Bahkan penderita depresi biasanya sama sekali enggan melakukan aktivitas apapun dan cenderung lebih banyak tidur.

3. Anemia

Jika kamu tidak merasa mengalami gangguan kecemasan ataupun depresi, maka bisa jadi kamu mengalami anemis atau penyakit kekurangan sel darah merah di dalam tubuh. Pada saat tubuh mengalami anemia, pembuluh darah tak mampu memasok oksigen dan makanan ke dalam sel tubuh. Itulah sebabnya tubuh cenderung lebih cepat lelah dan mengantuk.

4. Kurang Nutrisi

Perhatikan juga asupan nutrisi yang kamu konsumsi sehari-hari, sebab kekurangan nutrisi juga dapat menadi salah satu penyebab tubuh lebih cepat lelah dan mengantuk. Khususnya Vitamin D dan Vitamin B12. Untuk menangani masalah ini kamu hanya perlu memenuhi asupan nutrisi pada tubu sehari-harinya agar tidak mudah lelah dan mengantuk.

5. Kekurangan Cairan

Kekurangan asupan cairan pada tubuh juga dapat menjadi penyebab tubuh cepat lelah. Sebab apabila tubuh kurang asupan cairan, maka tubuh akan lebih cepat lelah, daya konsentrasi menurun, bahkan dapat menyebabkan sakit kepala secara tiba-tiba. Itulah sebabnya disarankan untuk memnuhi asupan cairan tubuh sebanyak minimal 8 gelas sehari agar tidak dehidrasi.

Itulah tadi beberapa penyebab tubuh cepat lelah dan mengantuk yang harus kamu ketahui. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *