Breaking News

Anti Ribet! Begini Cara Memperpanjang SIM Melalui Online

UK Driving Licence. Provisional and Full licence cards isolated on dark background. Macro. Selective focus. Stafford, United Kingdom, January 30, 2022.
Source: iStockphoto

Jakarta – Saat ini memperpanjang SIM bukan lagi hal yang ribet dan rumit karena perpanjangan SIM sudah bisa dilakukan melalui online. Baik itu SIM A ataupun C, masyarakat dapat memperpanjang SIM melalui aplikasi khusus yaitu, Digital Korlantas Polri.

Perpanjangan SIM ini dapat Anda lakukan pada 90 hari sebelum tanggal SIM resmi berakhir. Sebagai informasi tambahan, masa berlaku SIM adalah 5 tahun dari tanggal penerbitan SIM itu sendiri. Apabila masa SIM sudah habis, maka pemilik wajib memperpanjang. Jika tidak, pemilik SIM harus membuat baru.

Adapun biaya untuk memperpanjang SIM adalah Rp80 ribu untuk SIM A, dan Rp75 ribu untuk SIM C. Aplikasi perpanjang SIM ini juga bisa Anda download melalui Play Store ataupun AppStore.

Cara Memperpanjang SIM Melalui Online

Sangat mudah, simak cara memperpanjang SIM melalui online di bawah ini!

1. Download Aplikasi

Sebelum melakukan registrasi, ada baiknya download terlebih dahulu aplikasi Digital Korlantas Polri di HP Anda.

2. Registrasi

Pemilik SIM akan diminta untuk melakukan registrasi dengan cara memasukkan nomor ponsel aktif. Kemudian Anda akan dikirim sebuah kode OTP untuk dimasukkan ke dalam kolom registrasi yang ada. Selanjutnya Anda juga akan diminta untuk memasukkan NIK dan nama lengkap yang sesuai dengan KTP.

Nantinya informasi ini akan diunggah dan diverifikasi menggunakan face recognition. Setelah berhasil terverifikasi, Anda juga akan diminta untuk mengisi data pribadi lainnya seperti nama lengkap, nomor handphone, dan akun email aktif.

3. Syarat dan Dokumen

Di aplikasi tersebut, klik bagian menu Sinar jika ingin memperpanjang SIM. Nantinya Anda akan diminta menyiapkan beberapa dokumen sebagai syarat. Berikut dokumen yang harus disiapkan:
• Foto fisik SIM
• Foto fisik KTP
• Pas foto terbaru
• Foto tanda tangan di kertas putih

Setelah itu, Anda juga akan dimintai untuk mengecek kesehatan jasmani di website e-Rikkes. Apabila hasil tes kesehatan memenuhi syarat, maka Anda diperbolehkan memperpanjang SIM melalui online. Setelah selesai, nantinya Anda akan diminta untuk mengisi nomor SIM, mengunggah berbagai dokumen pendukung, dan melakukan verifikasi. Setelah lengkap, pilih wilayah Polda dan isi juga rekening untuk pengembalian dana.

Nantinya Anda akan ditawarkan metode pengiriman, yakni dengan cara ambil sendiri atau diwakilkan oleh pihak jasa pengiriman. Dan selanjutnya Anda akan diminta melakukan pembayaran melalui virtual bank BNI. Setelah selesai, Anda hanya tinggal menunggu.

Demikian informasi mengenai cara memperpanjang SIM melalui online. Semoga bermanfaat!


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *