Breaking News

Kenapa Minum Air Dingin Dapat Menyebabkan Sakit Tenggorokan?

Di sini siapa sih yang tidak suma minum air dingin? Saat cuaca sedang terik-teriknya atau setelah lelah berolahraga, pasti air dingin akan jadi pelepas dahaga yang utama. Namun, sayangnya beberapa orang justru malah sakit tenggorokan setelah minum air dingin.

Kira-kira kenapa ya air dingin bisa membuat tenggorokan sakit? Kamu bisa temukan jawabannya pada ulasan berikut ini:

Kenapa Minum Air Dingin Bisa Membuat Tenggorokan Sakit?

Biasanya, orang-orang minum air dingin setelah makan-makanan yang pedas atau berminyak dengan tujuan untuk membasahi tenggorokan. Namun, sayangnya justru itulah yang membuat tenggorokan sakit setelah minum air dingin.

Hal itu dikarenakan minum air dingin dapat membuat respiratori mucosa menjadi padat. Respiratori mucosa sendiri merupakan lapisan yang melindungi sistem pernapasan dengan membentuk suatu mekanisme yang dapat mencegah infeksi.

Jika respiratori mukosa sudah padat, maka itu akan membuat sistem pernapasan jadi lebih mudah terekspos oleh berbagai macam virus dan bakteri. Virus dan bakteri inilah yang akan menyebabkan infeksi hingga membuat tenggorokan jadi sakit.

Jadi, Apakah Minum Air Dingin Boleh?

Tentunya air dingin tidak boleh diminum kapan saja secara sembarangan. Bahkan, saat cuaca terik pun sebenarnya juga tidak dianjurkan untuk minum dingin. Karena saat cuaca terik, kita cenderung akan merasa lebih haus dan ingin meminum lebih banyak air dingin. Hal itu tentunya tidak baik untuk sistem pernapasan.

Namun, hal itu tentunya tidak membuat air dingin tidak memiliki manfaat sama sekali. Menurut beberapa penelitian, minum air dingin saat berolahraga ternyata dapat meningkatkan performa dan ketahanan kita. Selain itu, minum air dingin saat berolahraga juga membantu rehidrasi pada tubuh kita jadi lebih cepat.

Lalu, apakah minur air dingin itu boleh?

Sebenarnya itu tergantung pada kondisi orangnya sendiri. Jika orang itu memiliki penyakit tenggorokan bawaan seperti akalasia, tentunya minum air dingin malah akan memperburuk penyakitnya. Minum air dingin diketahui juga dapat menyebabkan sakit kepala bagi orang-orang yang memiliki penyakit migrain sebelumnya.

Meskipun begitu, tetap ada baiknya jika kita membatasi minum air dingin. Usahakan untuk minum air dingin saat merasa benar-benar lelah saja. Dan yang paling penting bagi kita adalah jangan sampai lupa minum air baik dingin atau tidak. Usahakan untuk minum air putih setidaknya 3,7 liter perhari untuk pria, dan 2,7 liter perhari untuk wanita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *