Breaking News

5 Manfaat Yoga Untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Olahraga merupakan salah satu kegiatan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Sesibuk apapun kamu, usahakan jangan sampai lupa untuk olahraga. Nah salah satu olahraga yang bisa kamu lakukan di rumah adalah yoga.

Sudah banyak penelitian yang menunjukkan bahwa manfaat yoga sangat besar bagi kesehatan baik secara fisik maupun mental. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan melakukan yoga:

1.    Membantu Mengurangi Stres dan Kecemasan

Dengan metodenya yang lebih banyak peregangan dan fleksibilitas, yoga dipercaya dapat mengurangi stres. Jika kita rajin melakukan yoga, maka hormon kortisol pada tubuh juga akan berkurang. Bahkan menurut data dari Asosiasi psikologis Amerika, 84% orang dewasa di Amerika melakukan yoga untuk mengurangi stres.

Selain mengurangi stres, bahkan yoga juga bisa mengurangi kecemasan. Menurut beberapa penelitian, metode yoga seperti asana dan nidra cukup ampuh dalam mengurangi kecemasan.

2.    Baik Untuk Kesehatan Jantung

Manfaat yoga dalam mengurangi stres ternyata juga berpengaruh terhadap kesehatan  jantung kita lho. Beberapa faktor yang dapat menyebabkan penyakit jantung seperti tekanan darah tinggi dan kelebihan berat badan ternyata juga dapat diatasi dengan yoga.

3.    Meringankan Radang Sendi dan Sakit Punggung

Melansir dari John Hopkins, yoga dapat meringankan radang sendi. Radang sendi sendiri merupakan suatu peradangan yang menyebabkan pembengkakan pada sendi, sehingga sendi menjadi lebih kaku dan bahkan tidak bisa digerakkan.

Selain itu, yoga juga dapat meringankan sakit punggung. Karena tubuh kamu akan dituntut untuk lebih aktif bergerak dan melakukan peregangan. Bahkan, yoga dijadikan solusi pertama untuk mengatasi sakit punggung kronis.

4.    Meningkatkan Imunitas

Stres kronis dapat berdampak buruk pada imunitas tubuh. Dengan imunitas yang rendah, maka tubuh juga akan semakin mudah terserang penyakit.

Dengan kemampuannya untuk mengurangi stres, maka yoga dipercaya juga dapat meningkatkan imunitas. Suatu penelitian juga menunjukkan bahwa kemampuan yoga dalam mengatasi peradangan juga akan berdampak positif pada imunitas tubuh.

5.    Meningkatkan Kualitas Tidur

Untuk mengukur kualitas tidur, maka yang harus diperhatikan adalah kemampuan orang tersebut untuk bisa tidur dan tetap tertidur. Jika seseorang mengalami insomnia, maka dia akan sulit tidur atau kerap terbangun saat sedang tidur.

Yoga sendiri sudah terbukti dapat mengatasi kedua masalah tersebut. Hal ini disebabkan oleh efek relaksasi yang kita dapatkan setelah melakukan yoga. Dengan begitu, kita juga akan tidur lebih tenang

Itulah pembahasan seputar manfaat yoga bagi kesehatan. Yoga sendiri tidak terlalu sulit karena kamu bisa melakukannya di rumahmu. Terlebih lagi, kebugaran tubuhmu juga akan tetap terjaga meskipun aktivitasmu sangat padat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *