Breaking News

5 Tips Mengurangi Kecanduan Rokok

Mengurangi kecanduan rokok memanglah bukan hal yang mudah. Melansir dari U.S. Department of Health and Human Services (HHS), saat kita merokok, nikotin yang terkandung dalam rokok akan melepaskan dopamin ke otak yang akan memberikan rasa nikmat.

Semakin lama, otak semakin merasakan efek nikmat yang diberikan nikotin, sehingga seseorang akan terus ingin merokok untuk merasakan efek tersebut.

Nah, pada kali ini kami akan membahas 5 tips mengurangi kecanduan rokok. Yuk simak ulasan berikut:

1. Membiasakan Berolahraga

Selain membuat tubuh jadi lebih sehat dan fit, berolahraga juga dapat mengurangi kecanduan rokok. Olahraga bisa menjadi distraksi yang pas untuk mengalihkan hasrat untuk merokok. Untuk yang pemula, kamu bisa berolahraga yang santai-santai saja seperti jalan kaki, bersepeda, atau lari pagi.

2. Hindari Pemicu Rokok

Jika kamu merokok karena terpicu oleh suatu hal, maka hindarilah pemicu tersebut. Misalnya, kamu diajak nongkrong oleh teman-temanmu yang mana semuanya merokok. Untuk sementara waktu, hindarilah ajakan tersebut. Setidaknya tunggu sampai 1 bulan bagi kamu untuk tidak merokok, baru kamu bisa nongkrong lagi.

3. Cari Aktivitas Lain

Beberapa orang biasanya merokok karena bingung ingin melakukan apa. Hal itu tentunya bisa diatasi jika kita memiliki banyak kegiatan, sehingga kita akan lupa untuk merokok dengan sendirinya. Kamu bisa mengikuti kegiatan yang bermanfaat di berbagai bidang seperti musik, olahraga, keagamaan, pengembangan softskill, sukarelawan, dll.

4. Minta Dukungan Keluarga dan Teman Dekat

Kecanduan merokok juga dapat dipengaruhi oleh faktor lingkungan. Oleh karena itu kamu butuh support system yang terus mendukungmu untuk bisa berhenti merokok. Jangan pernah ragu untuk meminta dukungan dari keluarga dan teman dekatmu, karena dukungan mereka pasti akan sangat berarti bagimu.

5. Menunda-nunda Untuk Merokok

Last but not least, menunda-nunda waktu merokokmu ternyata juga cukup efektif untuk mengurangi kecanduan rokok. Saat kamu mulai ingin merokok, tunggulah setidaknya sampai 15 menit. Dalam 15 menit itu, kamu harus melakukan sesuatu untuk mengalihkanmu agar tidak merokok. Kamu bisa pergi ke tempat umum yang tidak boleh untuk merokok. Lama-kelamaan, kamu akan lupa dengan sendirinya kalau kamu tadi ingin merokok.

Demikianlah ulasan seputar tips untuk mengurangi kecanduan rokok. Agar kecanduan rokok bisa diatasi, tentunya kamu juga harus memiliki niat dan tekad yang kuat. Karena jika tidak, tentunya semua cara di atas akan jadi percuma. Semoga ulasan ini bisa bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *