Breaking News

Rumus sederhana perhitungan di Excel

Microsoft excel adalah software yang dapat membantu kita untuk membantu kita dalam banyak hal, sebagai contoh adalah perhitungan dan pemisahan category yang ingin kita tampilkan.

Sebagai contoh kita akan tampilkan beberapa rumus excel dasar yang dapat kita gunakan.

  • Rumus SUM ( untuk penjumlahan )

Apakah kalian ingin menjumlahkan nominal berdasarkan column,range dan shell pada microsoft excel? Tentunya anda dapat menggunakan rumus sum ini sebagai tools yang dapat membantu anda untuk menuntaskan perhitungan jumlah pada microsoft excel.

Kita coba dengan contoh sederhana, contoh column B pada baris ke 2 akan di tambahkan dengan column D pada baris ke 4, akan tetapi pada column C terdapat angka yang harus di lewati, Begini caranya!

Rumus yang kita gunakan adalah :
=SUM(B2,D4)

  1. Untuk penempatan nilai pertama adalah B2, Value ini wajib anda isi untuk menentukan di awal terhadap column mana yang ingin anda gunakan
  2. Untuk penempatan nila kedua setelah D4, Value ini sangat wajib anda isi karena ini menentukan jumlah mana yang akan di tambahkan dari Value yang pertama tadi, yaitu B2.

Bagaimana? Mudah bukan? Sekarang kita lanjut ke Rumus yang lain ya!

  • Rumus Auto Sum

Sama pada hal-nya rumus sebelumnya, anda hanya perlu terfokus pada column dan range mana yang akan anda jumlahkan, sebagai contoh anda akan menggabungkan Column B sampai dengan D.

Bagaimana caranya? Yuk simak.

Biar lebih gampang untuk memahami cara kerja rumus excel, foto di atas adalah contoh dari penggunaan rumus AutoSum dari excel, berikut penjelasan cara penggunaan rumus auto sum.

  1. Sama seperti sebelumnya, rumus autosum harus di awali dengan Value yang akan kita mulai, pada rumus kali ini column B nomor 1 adalah Value awal yang akan kita gunakan untuk menambahkan sampai column D nomor 10
  2. Value yang ke dua adalah column D nomor 10, bagimana bisa instan untuk menambahkan, Caranya nanti akan kita berikan di bawah ya!
  3. Column untuk menjadi Final Value yang kita siapin, pada kesempatan kali ini saya menempatkannya di column E4.

Begini caranya rumus ini bekerja
Ketik rumus ini di Column E4 ( =SUM(B1:D10)

=SUM(B1 (tekan shift pada colum terakhir yang akan kita jumlah)
Lalu selesai, rumus excel sudah di gunakan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *