Breaking News

Sejarah Kolonialisme Jaman Hindia Belanda (part 8)

credit : Wikipedia Jan Willem Janssens

Jakarta – Pada tahun yang sama datanglah seorang pria bernama Jan Willem Janssens, dia menggantikan Daendels pada 20 Februari 1811.

Lahir di Nijmegen, Belanda. Dia memulai karir militernya menginjak usia nya yang ke sembilan dengan bergabung dan menjadi kadet tentara Belanda. Pada awal Revolusi Perancis, ia menjadi Kolonel karena karirnya yang meningkat pesat. Namun pada kesempatan kali ini, ketika ia menjadi pemimpin untuk menggantikan Daendels sayangnya karirnya tidak semulus itu.

Pada tanggal 15 Mei 1811 Janssens tiba di Buitenzorg (Istana Negara Bogor), dia langsung menjalankan tugasnya sebagai Pengganti Daendels dan menjadi Gubernur Hindia Belanda ke 37. Pada saat dia memimpin, sayangnya kondisi prajurit perang yang dipimpinnya tidak banyak yang mempunyai kehebatan dalam mengamankan wilayah. Sehingga ia kalah pada tahun yang sama di tanggal 18 September 1811.

credit : harryknipschild foto Napoleon

Sementara itu Daendels yang sudah meninggalkan indonesia dan kembali Eropa. Bertugas kembali menjadi tentara Perancis, dia juga turut serta bergabung dengan Napoleon dan mengikuti perang ke Russia. Namun Napoleon harus mengalami kekalahan di Waterloo dan Belanda Merdeka kembali. Daendels sempat menawarkan diri kepada Raja Willem I.

Raja Willem I
credit : Wikipedia

Namun sayangnya sang Raja ternyata tidak terlalu suka kepada mantan patriot dan revolusioner ini. Ditahun 1815 Daendels dijadikan Gubernur Jendral untuk wilayah Pantai Emas Belanda di area pesisir Ghana. Setelah tiga tahun kemudian Daendels meninggal pada tanggal 2 Mei 1818 akibat penyakit Malaria.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *