Breaking News

Selain Enak, Inilah Manfaat Coklat Yang Kamu Harus Ketahui!

Di antara kalian, siapa sih yang tidak suka coklat? Produk olahan tumbuhan kokoa yang erat dengan simbol romantisme ini memang sangat nikmat jika dimakan di sela-sela kesibukan kita. Terlebih lagi, ternyata juga banyak manfaat coklat yang bisa kita dapat lho.

Melansir dari Hellosehat, ternyata dalam 100 gram coklat mengandung banyak nutrisi seperti air, protein, karbohidrat, fosfor, kalium, dll. Dengan sifatnya yang sarat dengan nutrisi, coklat tentunya juga memiliki berbagai macam manfaat sebagai berikut:

1. Bagus Untuk Kesehatan Jantung

Mengutip dari Hopkins Medicine, antioksidan yang terkandung pada coklat telah terbukti dalam menurunkan tekanan darah dan meningkatkan sirkulasi darah menuju jantung. Hal itu dapat menurunkan risiko terkena stroke, penyakit jantung koroner, hingga kematian karena serangan jantung.

2. Mengurangi Kolesterol

Menurut suatu penelitian, diketahui bahwa coklat dapat mengurangi kadar kolesterol, khususnya coklat hitam. Hal itu dikarenakan coklat hitam mengandung lebih banyak coklat murni daripada coklat biasa. Semakin murni kandungan coklat, maka akan semakin besar pula manfaatnya.

3. Menjaga Keseimbangan Sistem Imun

Senyawa flavonoid yang terkandung pada coklat dapat menjaga sistem imun agar tidak overdrive dan dapat mencegah stres oksidatif. Jika kedua hal itu tidak dicegah/dijaga, maka akan terjadi ketidakseimbangan yang disebabkan oleh sel-sel yang melawan radikal bebas, yang mana juga menjadi penyebab bagi penyakit-penyakit lainnya.

4. Meningkatkan Mood

Manfaat ini tampaknya sudah tidak perlu diragukan lagi. Malah kebanyakan orang memakan coklat di sela-sela aktivitas mereka karena untuk memboost kembali mood mereka. Hal inipun juga dibuktikan oleh suatu penelitian di mana coklat dapat memicu otak untuk lebih banyak melepaskan hormon endorfin dan serotonin yang akan membuat seseorang jadi lebih bahagia.

5. Mengendalikan Kadar Gula Darah

Selain menjaga sistem imun, senyawa flavonoid pada coklat ternyata juga dapat mengontrol kadar gula darah pada tubuh kita lho. Karena inilah coklat juga memiliki manfaat dalam melawan diabetes. Namun, untuk mendapatkan manfaat ini kamu harus memilih coklat yang mengandung lebih banyak coklat murni.

Demikianlah pembahasan seputar manfaat coklat bagi kesehatan. Meskipun tidak semua jenis coklat bisa memiliki manfaat di atas, namun setidaknya kita sudah mengetahui bahwa coklat bukanlah makanan yang identik dengan berbagai penyakit seperti diabetes dan kolesterol. Semoga artikel ini bisa bermanfaat ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *